Bekraf Animation Conference 2018

Bekraf

Jadi kemarin temanku ngajak ke Bekraf Animation Conference (BEACON). Berhubung tempatnya deket kosan, aku ikut aja.

BEACON ini kayak Game Prime jadul, lebih buat penggiat industrinya, tapi full dukungan pemerintah. Yang dateng setengah anak SMK, setengah profesional. Aku tahu beberapa orang kunci karena biasanya yang main di animasi juga main di komik (tahu belum tentu kenal sih 😢). Paling agak sebal karena ternyata link daftar masterclass cuma diunggah di instagram trus emailku nggak diwaro, meski akhirnya bisa ikut juga sih masterclass pertama dari Andi Martin Kratoon.

Soal kabar industri, animasi masih menempuh jalan yang mirip-mirip sama komik. Jaya di internet, melempem di media asalnya (buku, TV). Tapi kalo soal berkembang, ya ada banget lah. Malah sebenernya animasi lokal dari segi kualitas udah asik. CUMA, sampai sekarang memang belum menemukan formula bisnis yang pas biar jadi proyek berkelanjutan, bukan sekedar one-man-show. Aku yakin, begitu dapet momennya dan entah bagaimana orang Indonesia mau berbondong-bondong beli merchandise lokal original, industri animasi bakal melesat.

Berikut adalah hal random yang aku temukan di BEACON:
  • Pameran di ballroom; Sumpah absurd banget! Ballroom kan rada remang-remang karena fungsinya untuk formal party atau gala dinner, trus malah dipakai untuk pameran, nggak ada lighting tambahan pula. Alhasil lihat booth sambil nyipit-nyipit.
  • Masih ada yang presentasinya wall-of-text. Iya sih acara Pemerintah, tapi kirain Bekraf punya desainer magang untuk bikin ginian.
  • Pas nulis di buku tamu booth LIPI, aku diserobot anak SMK dari Ciomas. Langsung dong aku ngomong "yah diserobot". Trus pas temannya mau ikut serobot, aku rebut pulpennya trus bilang "antri ya kayak yang lain". Semoga bukan cerminan sekolahnya.
  • Aku penasaran LIPI tuh ngapain, ternyata dia nawarin cloud render, tapi sample-nya biasa banget. Sayang aja sih.
  • Booth yang buka kebanyakan perusahaan B2B. Untungnya, di tiap booth disiapin layar buat nunjukin karya, dan beneran dimanfaatin buat nunjukin karya animasi.
  • Caravan Studio jual artbook Wiro Sableng dan cakep banget sih cara presentasinya kayak artbook luar negeri TAPI HARGANYA SAMA JUGA KAYAK ARTBOOK LUAR NEGERI 😢
  • Kumata Studio masih buka lowongan, franchise JUKI masih di-milking, dan booth Ciayo selalu ada di acara ginian.
  • Lunch dari hotel berkualitas baik, tapi diborong anak-anak SMK (nggak apa-apa lah masa pertumbuhan, aku mah kopi aja).
  • Ikut masterclass Andi Martin soal animasi di media sosial karena lagi nyari insight, siapa tau kan kantorku mau bikin animation series.
  • Ternyata si Abang lebih banyak bahas soal IP (Intellectual Property) dan universe. Nggak melenceng sih, cuma agak berharap ngebahas engagement juga.
  • Kalau pas kuliah diajarin jual komik bala-bala, sekarang aku diajarin bikin CERITA SACHET. Emang ya, arus informasi makin kencang, segala musti diringkas.
  • Disarankan untuk bikin IP Bible. Apa itu IP Bible? IP Bible adalah segala hal yang menjelaskan si IP—tidak hanya dari segi desain atau teknis, namun juga dari segi perwatakan dan bisa memanjang ke ideologi si IP—dan digunakan sebagai panduan ketika menggunakan si IP terutama dalam universe atau media yang baru.


Aku berharap semoga nggak ketinggalan info untuk acara selanjutnya.

Komentar